Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 8 No. 2 (2025): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Metode Pembelajaran Brain Based Learning sebagai Sarana Penerapan Disiplin Intrinsik Bagi Siswa di Sekolah Dasar

Izma Bonita Sari (Universitas Negeri Surabaya)
Amrozi Khamidi (Universitas Negeri Surabaya)
Kaniati Amalia (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi metode pembelajaran Brain Based Learning sebagai sarana penerapan disiplin bagi siswa di Sekolah Dasar. Integrasi antara BBL dan disiplin positif menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Dalam konteks ini, siswa tidak hanya belajar untuk mematuhi aturan, tetapi juga memahami mengapa aturan tersebut ada dan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang positif. Dengan pendekatan ini, siswa merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk berperilaku baik, karena mereka memahami bahwa tindakan mereka memiliki dampak pada orang lain. Misalnya, dalam sebuah kelas yang menerapkan disiplin positif, siswa mungkin diajak untuk bekerja sama dalam proyek kelompok, di mana mereka harus saling menghargai pendapat satu sama lain dan menyelesaikan tugas bersama. Hal ini tidak hanya meningkatkan kerjasama, tetapi juga membantu siswa belajar untuk menghargai perbedaan dan mengembangkan empati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, di mana penulis mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur yang berkaitan dengan Brain Based Learning dan disiplin positif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan untuk penerapan integrasi metode pembelajaran Brain Based Learning dengan disiplin positif sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya mendukung pencapaian akademis siswa, tetapi juga perkembangan sosial dan emosional mereka. Dengan pendekatan yang tepat, siswa dapat belajar dalam suasana yang positif dan mendukung, yang akan membantu mereka mengembangkan sikap disiplin yang baik yang berasal dari dalam diri. Simpulan, dari analisis integrasi antara Brain Based Learning dan disiplin positif dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif bagi siswa, dikarenakan siswa tidak merasa dihakimi dengan hukuman, melainkan terlibat untuk mencari solusi dari kesalahan yang dibuat sehingga siswa semakin kuat karakternya dalam hal tanggung jawab dan membuat keputusan. Kata Kunci: Brain Based Learning, Disiplin Postif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...