Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 4 No 3 (2024): Special Issue

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA EDPUZZLE TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII

Sihombing, Mitha Lestari (Unknown)
Sihombing, Dame Ifa (Unknown)
Sinaga, Rani Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan T.A 2024/2025. Dengan teknik probability sampling, sampel penelitian yaitu kelas VIII-9 dan VIII-10. Instrumen yang digunakan adalah angket serta soal tes bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Analisis data dilakukan dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap kepercayaan diri siswa pada materi statistika (0,000<0,005), 2)ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika (0,000<0,05), 3)ada pengaruh signifikan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika (0,000<0,05), 4)tidak ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia  Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa melalui kepercayaan diri pada materi statistika (0,720>0,1782, hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan antara pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle dengan hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...