Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 4 No 3 (2024): Special Issue

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X

Limbong, Solanita Taruli Agrivina (Unknown)
Simaremare, Juni Agus (Unknown)
Sitohang, Tigor (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizlet terhadap kemampuan memahami teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen two-group pretest- posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan media Quizlet dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks laporan hasil observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan media pembelajaran Quizlet. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol yaitu 54,42 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,85. Penggunaan Quizlet membantu siswa dalam memahami struktur, kaidah kebahasaan, serta isi teks laporan hasil observasi dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Quizlet dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks laporan hasil observasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...