Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 2 (2025): April

Implementasi Terapi Wicara dan Bahasa Isyarat pada Penyandang Tunaganda (Low vision-Tunagrahita)

Nisa', Choirun (Unknown)
Aurelia, Naura (Unknown)
Dewi, Citra Cahaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2025

Abstract

Penyandang tunaganda, khususnya mereka yang mengalami kombinasi low vision dan tunagrahita, menghadapi tantangan kompleks dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi terapi wicara dan mengevaluasi penerapan bahasa isyarat pada penyandang tunaganda di SLB, mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan terapi wicara dan bahasa isyarat, serta mengkaji peran keluarga dalam mendukung keberhasilan implementasi kedua metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara semi-terstruktur dengan subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seorang guru SLB bernama Bu Yuli. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa  aspek dalam menangani anak penyandang low-vision tunagrahita. Data tersebut mencakup informasi tentang karakteristik gangguan berbahasa yang dialami anak penyandang low vision-tunagrahita, proses dan metode terapi wicara yang diterapkan, berbagai kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran, serta peran penting keluarga dalam mendukung perkembangan anak penyandang low vision-tunagrahita.  Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan teknik member checking dengan cara mengkonfirmasi kembali hasil wawancara kepada subjek penelitian

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...