Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi
Vol 25 No 2 (2025)

Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pada UMKM Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS)

Putri, Feby Ananda (Unknown)
Nazaruddin, Nazaruddin (Unknown)
Nur, Muhammad (Unknown)
hamdy, Muhammad ihsan (Unknown)
suherman, suherman (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Pastel mini maknyos adalah UMKM yang dimana bergerak dalam bidang makanan atau cemilan. Permasalahan yang dialami dalam perusahaan adalah dalam permintaan konsumen yang semakin sedikit dan pemasaran yang dilakukan hanya melalui perkataan orang, dan tidak aktif dalam social media. Permasalahan lainnya adalah diversifikasi produk yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang usulan strategi menggunakan metode BOS dan untuk menganalisis strategi mana yang terbaik dalam pengambilan keputusan menggunakan metode TOPSIS. Hasil dari metode Bos dan Topsis yang didapat yaitu alternatif 6 = 0,652 dan alternatif 8= 0,652. Dimana hasil alternatif 6 yaitu menentukan varian rasa dengan menciptakan rasa baru yaitu coklat keju, coklat kacang, dan abon sapi, sedangkan untuk alternatif 8 yang terpilih yaitu meningkatkan keaktifan dan efektifitas UMKM dalam menggunakan media sosial untuk promosi dan interaksi dengan pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matriks

Publisher

Subject

Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Matrik Journal is published by Industrial Engineering Department, Faculty of Engineering University of Muhammadiyah Gresik, twice a year in March and September. The purpose of this journal is to facilitate scientists, researchers and practitioners to publish original research articles or article ...