Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi
Vol 25 No 2 (2025)

Analisis Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di UMKM Nagih Kuliner Menggunakan Metode IPA dan SEM

Lubis, Risda (Unknown)
Nazaruddin, Nazaruddin (Unknown)
Nur, Muhammad (Unknown)
Anwardi, Anwardi (Unknown)
Ihsanhamdy, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Nagih Kuliner merupakan suatu usaha pada bidang makanan dan minuman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut yang menjadi keunggulan dan kelemahan berdasarkan kualitas pelayanan, mengetahui hubungan antara kepuasan dengan tingkat loyalitas konsumen dan yang terakhir adalah menentukan Strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen terhadap usaha Nagih Kuliner. Penelitian ini menggunakan metode Importance Perfomance Analysis dan Structural Equation Modelling. Adapun hasil dari penelitian adalah pada metode IPA, kuadran pertama yang menjadi keunggulan dan menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan sedangkan yang menjadi kelemahan dan perlu perbaikan adalah pada kuadran ketiga. Sedangkan pada metode SEM bahwa kepuasan dan loyalitas berpengaruh signifikan dengan nilai T statistics 12.401 dan P values 0.000 dan juga reliability pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai T statistics 2.160 dan P values 0.031.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matriks

Publisher

Subject

Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Matrik Journal is published by Industrial Engineering Department, Faculty of Engineering University of Muhammadiyah Gresik, twice a year in March and September. The purpose of this journal is to facilitate scientists, researchers and practitioners to publish original research articles or article ...