Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik
Vol. 8 No. 1 (2025): JIRE APRIL 2025

PENGELOMPOKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SD MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

Srirahmawati, Eneng Okta (Unknown)
Purnamasari, Ade Irma (Unknown)
Bahtiar, Agus (Unknown)
Tohidi, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan prestasi akademik siswa di SDN Lebakwangi menggunakan algoritma K-Means. Algoritma K-Means adalah metode pengelompokan dalam data mining untuk mengelompokkan data berdasarkan kesamaan karakteristik antara data satu dengan data lainnya. Dalam penelitian ini, data yang digunakan berupa nilai rapor akademik siswa kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 semester genap tahun 2024 sebanyak 171 data siswa, yang mencakup berbagai mata pelajaran yang digunakan sebagai atributnya, dengan menggunakan metode Knowledge Discovery in Database (KDD). Penelitian ini dapat mengidentifikasi pola pengelompokan siswa berdasarkan nilai akademik mereka yang lebih akurat dan efisien. Hasil evaluasi menggunakan algoritma k-means dan indeks evaluasi DBI menunjukkan bahwa nilai DBI terendah terdapat pada percobaan k=2, dengan nilai DBI 0.738. Pada percobaan tersebut, terbentuk 2 cluster, yaitu cluster_0  terdiri dari 141 siswa dengan kategori “baik” dan nilai rata rata 76.242, sedangkan pada cluster_1  terdiri dari 27 siswa dengan kategori  “sangat baik”  dan nilai rata-rata 85.181. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi guru untuk merancang cara pembelajaran yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan akademik masing-masing kelompok siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jire

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JIRE (Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik) (eISSN: 2620-6900) diterbitkan oleh LPPM STMIK Lombok sebagai wadah untuk mempublikasikan artikel tentang pengetahuan baru dan penelitian dengan isu terkini yang berkaiatan dengan teknologi informasi, dengan topik Networks, Internet and Mobile ...