Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025

PENERAPAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KALAM SISWA PADA KELAS VII D DI SMPIT DARUL FIKRI SIDOARJO

Meidivia Aurelly (Unknown)
Najih Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas VII D SMPIT Darul Fikri Sidoarjo dengan menerapkan metode eklektik, yang menggabungkan metode langsung dan metode audiolingual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin, yang terdiri dari pra-siklus, Siklus I, dan Siklus II. Subjek penelitian adalah 24 siswa perempuan dari Kelas VII D. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Temuan menunjukkan bahwa metode eklektik secara efektif meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada tahap pra-siklus, penguasaan pembelajaran klasik siswa hanya mencapai 62,50%. Setelah Siklus I, tingkat penguasaan meningkat menjadi 70,83%. Pada Siklus II, mencapai 87,50%, melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya sebesar 85%. Metode eklektik terbukti meningkatkan minat siswa dan memfasilitasi penggunaan kosakata dalam praktik berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, metode ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk pembelajaran bahasa Arab

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...