Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01, Maret 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 CITA CITAKU KELAS IV SD NEGERI 104255 PALUH SIBAJI

Mahfira, Nadya Fitasya (Unknown)
Fadlan, Muhammad Noer (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis powtoon untuk meningkatkan minat belajar siswa pada tema 6 cita citaku kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari 5 tahap. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada beberapa penelaah ahli, yaitu penelaah ahli materi, penelaah ahli media pembelajaran, penelaah ahli pembelajaran, penelaah respon guru, dan minat belajar siswa. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah Ahli materi adalah sebesar 96%, Ahli media pembelajaran sebesar 96%, Ahli pembelajaran sebesar 95%, dan Respon Guru sebesar 95%. Dan minat belajar siswa sebesar 90,8%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon pada tema 6 cita citaku yang dikembangkan sudah “Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran. Dari hasil implementasi diketahui terjadi peningkatan pada minat belajar siswa kelas IV SD setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Skor keseluruhan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon pada tema 6 cita citaku, yaitu sebesar 90,8%. Pada tahap evaluasi rata-rata skor yang didapatkan dari keseluruhan ahli, yaitu sebesar 96%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon pada tema 6 cita citaku yang dikembangkan sudah “Sangat Layak” digunakan pada proses pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...