Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Kembangan saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas khususnya pada muatan Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas media kartu Truth or Dare pada model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Pre-Eksperimental Design One Group Pretest-Postest. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan tes tertulis.Teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil menunjukkan adanya kenaikan nilai pretest pada posttest, hal ini dapat dilihat pada Uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Sedangkan hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain menunjukkan skor 0,6535 yang berdasarkan hasil tafsiran presentase gain (g) bahwa nilai 0,6535 Berada di nilai gain ternormalisasi (0,30 ≤ g < 0,70) memiliki interprestasi sedang dengan kategori cukup efektif.
Copyrights © 2025