ABSTRAK: Kinerja guru dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya keterampilan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, dan (4) pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kecamatan Temanggung yang berjumlah 248 orang, dengan sampel penelitian 153 orang. Pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji regresi yang diolah dengan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru berpengaruh signifikan sebesar 45,6% (2)motivasi kerja terhadap kinerja guru berpengaruh signifikan sebesar 38,9%. (3)budaya organisasi terhadap kinerja guru berpengaruh 37,4%(4) Keterampilan manajerial kepala sekolah,motivasi kerja dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 62,6% dengan persamaan regresi Ŷ = 83,461 + 0,196X1 + 0,155X2 + 0,250X3. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru(2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru(3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Disarankan kepada 1) Guru SD, agar:selalu update dan mengikuti perkembangan zaman.2) Kepala sekolah, agar:meningkatkan peran sebagai edukator membimbing guru. Kata kunci: Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, dan Kinerja Guru.
Copyrights © 2025