Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 Nomor 1, Maret 2025

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ALAMTERBUKA ( MEMBUAT ECOPRINT POUNDING ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA

Nurul Aliyatul Latifah (Unknown)
Rosmiati (Unknown)
Triman Juniarso (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pada kurikulum merdeka, siswa dituntut mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi terutama kemampuan berpikir reflektif. Tetapi kenyatanya, siswa SD masih memiliki kemampuan berpikir reflektif rendah. Lantas diperlukan suatu strategi yang dapat mempertimbangkan kebutuhaan Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh serta respon siswa pada model PJBL berbasis alam terbuka ( membuat ecoprint pounding ) terhadap kemampuan berpikir reflektif materi tumbuhan kelas IV. Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian Kuantitatif deskriptif yang memakai rancangan Quasi Experimental Design melalui desain Non-equivalent Multiple Group. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/440 Surabaya yang memakai teknik Nonprobability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Dan sampel yang dijadikan subjek ada 2 kelas yaitu kelas IVA menjadi kelas eksperimen 1 dan kelas IVB menjadi kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes kemudian dianalisis mempergunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Garis Besar hasil analisis ialah terdapat pengaruh antara pretest dengan posttest dan terdapat suatu perbedaan antara kedua kelas eksperimen. Penelitian ini juga memicu respon positif siswa. Kata Kunci: Model PJBL, Berbasis Alam terbuka, Berpikir Reflektif, IPA

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...