Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Process

PENGEMBANGAN ASESMEN APLIKASI QUIZIZZ BERBASIS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI IDE POKOK TEKS INFORMATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI DELES KABUPATEN BATANG

Ineke Sukma Winahyu (Unknown)
Panca Dewi Purwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa dalam mengidentifikasi ide pokok pada teks informatif akibat kurang optimalnya asesmen pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain, mendeskripsikan hasil validasi uji kelayakan, dan mendeskripsikan keefektifan asesmen aplikasi quizizz berbasis Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran mengidentifikasi ide pokok teks informatif siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model Borg & Gall, melibatkan siswa kelas IV SD Negeri Deles 03 (9 siswa) untuk uji coba kelompok kecil dan SD Negeri Deles 01 (26 siswa) untuk uji coba kelompok besar. Desain pengembangan asesmen aplikasi tersebut dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran. Asesmen tersebut berupa integrasi konten kearifan lokal dalam teks informatif yang dipadukan dengan instrumen asesmen aplikasi quizizz yang menggabungkan budaya, tradisi, dan cerita rakyat. Hasil validasi menunjukkan asesmen ini sangat layak digunakan dengan skor kelayakan 88,5 dari ahli media dan 89,7 dari ahli materi. Keefektifan asesmen dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata pretest 37,69 menjadi 86,19 pada posttest serta peningkatan ketuntasan siswa dari 0% menjadi 100%. Uji Paired Sample T-Test dan Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan asesmen, sementara uji N-Gain menghasilkan skor 0,827908 (kategori tinggi), membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dengan teknologi, gamifikasi, dan pendekatan pedagogis yang tepat, asesmen ini tidak hanya sebagai alat evaluasi tetapi juga mendorong keterlibatan siswa secara aktif, sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran membaca.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...