Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk Analisis Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya I Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, data bersumber dari 3 orang informan, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya I Kota Makassar telah melaksanakan Pembelajaran berdiferensiasi oleh Guru dengan menyesuaikan Konten, Proses, Produk dan Lingkungan Belajar dalam proses pembelajaran, namun terdapat kendala yang dihadapi oleh Guru seperti kurangnya waktu dalam melayani setiap perbedaan individu dan adanya modul ajar khusus yang memerlukan tambahan waktu penyusunan. Kendala tersebut dapat diatasi dengan dilaksanakannya ruang kolaborasi baik melalui rapat rutin dewan guru, KKG, dan pemanfaatan PMM serta pembelajaran berdiferensiasi dilaksanaan tidak setiap hari.
Copyrights © 2025