Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran bermain peran terhadap konsep diri siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Tempak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini berjumlah 36 siswa yaitu 18 siswa kelas IV A dan 18 siswa kelas IV B, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes berupa angket bahwa kelas eksperimen memiliki nilai pretes dengan rata-rata 59,7 dan nilai postes dengan rata-rata 80. Selanjutnya pada kelas kontrol diperoleh nilai pretes rata-rata 58,5 dan nilai postes diperoleh 58. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, hasil tes konsep diri pada kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Pada taraf ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model bermain peran terhadap konsep diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Tempak Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.
Copyrights © 2025