Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORI DAN KINESTETIK PADA PENDIDIKAN PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR

Dimas Qondias (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan gaya belajar siswa secara visual, auditori dan kinestetik fokus pada pembelajaran pendidikan Pancasila di sekolah dasar Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan prosedur penelitian yaitu penyusunan instrumen dengan melibatkan guru, pengumpulan data dari responden dengan memberikan kuisioner yang telah disusun dan melakukan analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas V sekolah dasar kecamatan golewa memiliki variasi gaya belajar yang berbeda dalam mempelajari pendidikan Pancasila, dengan distribusi sebesar 23% siswa bergaya belajar visual, 30% auditori, dan 47% kinestetik. Hasil ini merupakan kajian dasar sebagai landasan guru untuk mampu mengakomodir gaya belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...