Pudjiati, Sri. 2025. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Purin Kabupaten Kendal. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Noor Miyono, M.Si., dan Pembimbing II: Qristin Violinda, S.Psi., MM, Ph.D. Tujuan umum penelitian ini adalah mengenalisa supervisi kepala sekolah dalam implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar di SD Muhammadiyah Purin Kabupaten Kendal. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2024/2025 pada bulan Juli 2024-Januari 2025. Tempat penelitian di SD Muhammadiyah Purin Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model analisa interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian: (1) Tahapan perencanaan : Program Supervisi kepala sekolah: (a) Kunjungan Kelas, (b) Kunjungan Observasi, (c) Pertemuan Individual, (d) Kunjungan Antar Kelas. Instrumen rencana pemantauan kegiatan supervisi: (a) Pedoman observasi, (b) Pedoman wawancara, (c) Daftar cek/kendali, (d) Instrumen monev supervisi. Rencana supervisi akademik: (a) Implementasi KTSP, (b) Persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, (c) Pencapaian standar kompetensi lulusan, (d) Pencapaian standar proses, (e) Pencapaian standar isi, (f) Pencapaian peraturan implementasi, (g) Peningkatan mutu pembelajaran. (2) Tahapan pelaksanaan Supervisi : Administrasi pembelajaran yang disupervisi meliputi: (a) Penyusunan program pembelajaran, seperti program tahunan, program semester, dan program mid semester, (b) Penyusunan kalender Pendidikan, (c) Penyusunan jadwal kegiatan belajar mengajar, (d) Perencanaan belajar mengajar, (e) Penyusunan silabus, (f) Penyusunan desain pembelajaran peserta didik, (g) Penentuan metode pembelajaran yang sesuai, (h) Penentuan media pembelajaran yang sesuai, (i) Penentuan teknik penilaian yang sesuai; (3) Tahapan Evaluasi dan Tindak Lanjut Supervisi : observasi penilaian proses pembelajaran: (a) silabus dan RPP guru, (b) mencatat semua kejadian yang terjadi selama proses pembelajaran, (c) memasukkan hasil pencatatan ke dalam lembar observasi, (d) mengamati proses pembelajaran secara menyeluruh, mulai dari tahap awal, inti, hingga penutup, (e) mengamati berbagai aspek yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, (f) memberikan tanda centang atau skor sesuai dengan aspek yang diamati; (4) Tahapan Pelaporan Supervisi. Dokumen supervisi akademik meliputi: Administrasi guru, Instrumen RPP, Dokumen pendukung, Analisis SK/KD, Silabus, RPP, Evaluasi, Pengayaan/Remidial. Dokumen pendukung supervisi akademik guru dapat berupa: Daftar hadir/absensi murid, Foto kegiatan belajar mengajar, Kalender pendidikan. Saran: sekolah perlu mengembangkan kebijakan internal yang mendorong keterlibatan lebih besar dari para guru dalam supervisi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka
Copyrights © 2025