Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01, Maret 2025

PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL UNTUK KELAS IV SD KANISIUS TOTOGAN

Stefaldy Rangga Pireza L (Unknown)
Ignatia Esti Sumarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2025

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi landasan utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada tiga guru kelas IV SD di Sleman, diperoleh informasi bahwa guru membutuhkan contoh modul P5 dengan tema kearifan lokal pada topik tepo seliro, membatik ecogreen, dan wayang punakawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas modul P5. Metode yang digunakan meliputi wawancara, kuesioner, dan tes, dengan subjek penelitian sebanyak 18 peserta didik kelas IV SD. Pengembangan modul dilakukan menggunakan model ADDIE dengan tahapan sebagai berikut: (1) Analyze, mengumpulkan data melalui kuesioner kepada guru kelas IV; (2) Design, melakukan studi pustaka dan menyusun kisi-kisi modul; (3) Develop, membuat modul, melakukan validasi dengan empat validator, serta merevisi modul berdasarkan masukan; (4) Implement, menguji coba modul pada peserta didik kelas IV SD Kanisius Totogan; (5) Evaluate, menganalisis hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik. Hasil penilaian kualitas modul menunjukkan rata-rata skor 3,8 dalam kategori “sangat baik,” modul ini layak untuk diujicobakan setelah revisi. Berdasarkan hasil pretest dan posttest pada projek wayang punakawan, terjadi peningkatan nilai pada seluruh peserta didik, dengan rata-rata skor dari 37% meningkat menjadi 84%. Sementara itu, hasil projek berupa wayang punakawan telah membantu peserta didik memahami lebih dalam mengenai karakter, nilai moral, serta peran wayang dalam budaya lokal. Hal ini juga meningkatkan apresiasi mereka terhadap seni pertunjukan tradisional serta keterampilan berpikir kreatif dan kolaboratif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...