Nur Azmi Said, 2025. Peran Guru dalam mengembangkan Keterampilan BerbicaraPeserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres SanranganGowa. Tesis Program Studi Administrasi Pendidikan Program PascasarjanaUniversitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Suardi dan Nurhaeda). Penelitian inibertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan keterampilanberbicara peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD InpresSanrangan Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif denganteknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa guru memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkanketerampilan berbicara peserta didik, yaitu sebagai pembimbing, motivator,fasilitator, demonstrator, dan evaluator. Guru juga menggunakan berbagai metodepembelajaran, seperti ceramah, permainan, dan tanya jawab, untuk meningkatkanketerampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini berimplikasi bahwa guru perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didikdan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang efektif.Kata Kunci: Peran guru, Keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia
Copyrights © 2025