Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 Nomor 1, Maret 2025

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES SANRANGAN GOWA

Nur Azmi Said (Unknown)
Suardi (Unknown)
Nurhaeda (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Nur Azmi Said, 2025. Peran Guru dalam mengembangkan Keterampilan BerbicaraPeserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres SanranganGowa. Tesis Program Studi Administrasi Pendidikan Program PascasarjanaUniversitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Suardi dan Nurhaeda). Penelitian inibertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan keterampilanberbicara peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD InpresSanrangan Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif denganteknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa guru memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkanketerampilan berbicara peserta didik, yaitu sebagai pembimbing, motivator,fasilitator, demonstrator, dan evaluator. Guru juga menggunakan berbagai metodepembelajaran, seperti ceramah, permainan, dan tanya jawab, untuk meningkatkanketerampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini berimplikasi bahwa guru perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didikdan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang efektif.Kata Kunci: Peran guru, Keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...