Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kapasitas manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pada dua sekolah dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kapasitas manajemen sekolah yang baik berdampak positif pada mutu pendidikan. Kapasitas ini dikembangkan melalui komunitas belajar yang ada di sekolah. Fokus utama komunitas ini adalah keteladanan kepemimpinan, pembelajaran bersama antar pendidik dan tenaga kependidikan dalam proses manajemen, serta pengembangan kreativitas dalam memecahkan masalah. Selain itu, penyediaan lingkungan kerja yang sehat juga merupakan faktor penting keberhasilan komunitas belajar. Peneliti merekomendasikan beberapa hal bagi sekolah: 1) melibatkan berbagai pihak untuk menilai menilai keberhasilan sekolah; 2) memanajemen informasi kepada semua pihak terkait; 3) memberikan solusi bagi pihak yang mengalami kesulitan dalam menjalanjan tugas pokok dan fungsinya; 4) mengokohkan komunitas belajar sebagai sebuah keluarga; 5) melakukan refleksi keterlibatan masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan; 6) memaksimalkan kegiatan dialog, refleksi, dan evaluasi; dan 7) menciptakan suasana sekolah yang nyaman bagi semua pihak.
Copyrights © 2025