Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01, Maret 2025

KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA SISWA SD DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR

Ubaidillah, Farid (Unknown)
Tutik Yuliarsih (Unknown)
Nurkolis (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kapasitas manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pada dua sekolah dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kapasitas manajemen sekolah yang baik berdampak positif pada mutu pendidikan. Kapasitas ini dikembangkan melalui komunitas belajar yang ada di sekolah. Fokus utama komunitas ini adalah keteladanan kepemimpinan, pembelajaran bersama antar pendidik dan tenaga kependidikan dalam proses manajemen, serta pengembangan kreativitas dalam memecahkan masalah. Selain itu, penyediaan lingkungan kerja yang sehat juga merupakan faktor penting keberhasilan komunitas belajar. Peneliti merekomendasikan beberapa hal bagi sekolah: 1) melibatkan berbagai pihak untuk menilai menilai keberhasilan sekolah; 2) memanajemen informasi kepada semua pihak terkait; 3) memberikan solusi bagi pihak yang mengalami kesulitan dalam menjalanjan tugas pokok dan fungsinya; 4) mengokohkan komunitas belajar sebagai sebuah keluarga; 5) melakukan refleksi keterlibatan masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan; 6) memaksimalkan kegiatan dialog, refleksi, dan evaluasi; dan 7) menciptakan suasana sekolah yang nyaman bagi semua pihak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...