Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V DI SDN 81 SINGKAWANG

Wardana, Devis (Unknown)
Dina Anika Marhayani (Unknown)
Mertika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah diterapkan media animasi interaktif pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 81 Singkawang. Untuk mengetahui seberapa besar pengruh media animasi interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 81 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen . Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji N-gain untuk mengetahui peningkatan rata-rata, kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t satu sampel untuk mengetahui rata-rata dan selanjutnya menggunakan uji pengaruh atau effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh media yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah diterapkan media animasi interaktif pada mata pelajaran IPAS kelas V dengan perhitungan uji T dengan hasil yaitu nilai T hitung = 28,1402 ≥ nilai T tabel = 1,73961, maka terdapat perbedaan efektivitas penggunaan media animasi interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Terdapat pengaruh penggunaan media animasi interaktif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 81 Singkawang dengan perhitungan uji effect size diperoleh hasil effect size sebesar 0,90 berada pada bahwa kriteria tinggi karena 0,90 berada pada 0,8 ≤ d ≤ 2.0, berdasarkan hal ini dapat disimpulkan penggunaan media animasi interaktif berpengaruh pada hasil belajar IPAS siswa kelas V.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...