Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

PENGARUH GAME INTERAKTIF QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS V SD RADEN FATAH SURABAYA

Lestari, Arnindia (Unknown)
Sulistyowati, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Evolusi teknologi mengharuskan para pendidik memanfaatkan teknologi sepenuhnya di kelas, yang mendorong penelitian ini. Sangat penting untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu saat terlibat dalam kegiatan belajar, dan itu termasuk memastikan lingkungan cukup menarik untuk menarik perhatian anak-anak. Peneliti tertarik pada dampak media pembelajaran yang menarik dan interaktif QuizWhizzer terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan menjawab kuis QuizWhizzer memiliki pengaruh terhadap hasil yang diperoleh siswa dari kelas mereka. Dengan menggunakan desain kontrol posttest-only dan metodologi kuantitatif, penelitian ini menggunakan strategi penelitian kuasi-eksperimental. Semua siswa kelas lima dari Sekolah Dasar Raden Fatah di Surabaya menjadi populasi penelitian. Kelas 5A berperan sebagai kelompok kontrol, yang terdiri dari 27 murid, sedangkan Kelas 5B berperan sebagai kelompok eksperimen, yang juga terdiri dari 27 anak. Kelas 5A berperan sebagai kelompok kontrol dalam penelitian ini, yang tidak mendapatkan terapi apa pun, sedangkan kelas 5B berperan sebagai kelompok eksperimen yang menerima perawatan (x). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data posttest dan observasional. Metode yang digunakan untuk analisis data meliputi uji T, uji homogenitas, dan uji normalitas. Kita mengetahui bahwa hasil penelitian ini diketahui karena keluaran "Independent Sample T Test" dalam Uji T pada tingkat signifikan (2-tailed), maka kita dapat menolak H0 dan menerima H1. Dengan demikian, mata kuliah Pendidikan Pancasila, dan lebih khusus lagi konten yang mencakup keragaman budaya Indonesia, sangat diuntungkan dari penggunaan permainan interaktif QuizWhizzer oleh siswa kelas lima di Sekolah Dasar Raden Fatah di Surabaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...