Pendidikan dasar, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), sering menghadapi tantangan dalam menyampaikan konsep-konsep yang kompleks secara efektif. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah penggunaan media mind mapping berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL), yang menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media mind mapping berbasis CTL terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media mind mapping berbasis CTL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media mind mapping berbasis CTL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan media mind mapping berbasis CTL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPAS. Implikasi penelitian ini menyarankan penerapan media mind mapping berbasis CTL dalam kurikulum pembelajaran dasar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan relevansi pendidikan dengan konteks kehidupan siswa.
Copyrights © 2025