Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 Progres

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL: PERAN MEDIA MIND MAPPING

Andriyanto Andriyanto (STKIP PGRI Sumenep)
Ali Armadi (STKIP PGRI SUMENEP)
Ike Yuli Mestika Dewi (STKIP PGRI SUMENEP)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Pendidikan dasar, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), sering menghadapi tantangan dalam menyampaikan konsep-konsep yang kompleks secara efektif. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah penggunaan media mind mapping berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL), yang menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media mind mapping berbasis CTL terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media mind mapping berbasis CTL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media mind mapping berbasis CTL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan media mind mapping berbasis CTL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPAS. Implikasi penelitian ini menyarankan penerapan media mind mapping berbasis CTL dalam kurikulum pembelajaran dasar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan relevansi pendidikan dengan konteks kehidupan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...