Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER DAN BERBUDAYA UNGGULAN DI SD NEGERI NGAGELREJO I/396

Asifah, Laeli (Unknown)
Hanikah (Unknown)
Aghisni (Unknown)
Rodiatul Ismayanah (Unknown)
Shofwatul Azkiya (Unknown)
Wulan Nur Cahyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan dilakukan secara menyeluruh dalam mengembangkan kognitif dan kepribadian anak. Sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan awal memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai karakter dan budaya unggulan kepada anak-anak. Implementasi program sekolah yang berfokus pada pengembangan karakter dan budaya unggulan menjadi sangat penting, terutama di SD Negeri Ngagelrejo I/396. Program sekolah yang efektif tidak hanya berorientasi pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter yang baik, seperti disiplin, tanggung jawab, dan empati.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Metode ini dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Program-program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik, serta memberikan mereka ruang untuk mengekspresikan bakat dan minat melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Implementasi program sekolah di SD Negeri Ngagelrejo I/396 Surabaya telah berhasil dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter dan berbudaya unggulan Oleh karena itu, implementasi program sekolah ini dapat dijadikan sebagai contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter dan berbudaya unggulan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...