Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru pada saat menerapkan model pembelajaran problem based learning. Dimana guru belum cukup mampu melakukan penerapan model pembelajaraan problem based learning dengan baik dan tepat, kondisi kelas yang kurang kondusif dan kemampuan peserta didik yang menjadi salah satu factor tantangan dalam menerapkan model pembelajran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam penerapan problem based learning dalam pembelajaran IPAS di Sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Kualitatif deskriptif merupakan metode penelitian yang berfokus pada pembahasan secara mendalam dan komperehensif untuk memberikan Gambaran yang detail terkait dengan fenomena yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi wawancara, observasi, dan tinjauan dokumen. Dalam pelaksanaannya peneliti menganalisis data yang dimulai dari kegiatan mewawancarai guru kelas V, melakukan observasi kelas, dan tinjauan dokumen hingga ditemukan data yang relevan dengan tujuan masalah pada penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam penerapan pada model problem based learning di sekolah dasar itu disebabkan oleh beberapa factor yaitu tantangan guru dalam merumuskan masalah, keterbatasan waktu, dan kemampuan peserta didik yang membuat guru kesulitan dalam menerapkan model problem based learning ini.
Copyrights © 2025