Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Muhammadiyah 6 Surabaya dan kontribusinya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Di era informasi yang berkembang pesat, keterampilan berpikir kritis menjadi keterampilan vital bagi siswa, khususnya di pendidikan dasar. Pembelajaran berdiferensiasi, yang menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa yang beragam, berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menarik. Melalui wawancara dengan Guru, observasi langsung di kelas, dan analisis dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi strategi, tantangan, serta dampak positif dari pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi konten, proses, dan hasil secara signifikan berkontribusi pada terciptanya lingkungan kelas yang inklusif, dimana siswa didorong untuk terlibat aktif dan berpikir kritis. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya teknik asesmen, umpan balik, dan peran Guru dalam menjamin keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan alat yang efektif tidak hanya untuk meningkatkan pencapaian akademik, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kehidupan siswa, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.
Copyrights © 2025