Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA

Dianasari, Dianasari (Unknown)
Juju Jumaroh (Unknown)
Indry Novita Sari (Unknown)
Putri Berliana Nurindah (Unknown)
Firda Amaliah (Unknown)
Sahla Nur Aulia Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Muhammadiyah 6 Surabaya dan kontribusinya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Di era informasi yang berkembang pesat, keterampilan berpikir kritis menjadi keterampilan vital bagi siswa, khususnya di pendidikan dasar. Pembelajaran berdiferensiasi, yang menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa yang beragam, berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menarik. Melalui wawancara dengan Guru, observasi langsung di kelas, dan analisis dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi strategi, tantangan, serta dampak positif dari pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi konten, proses, dan hasil secara signifikan berkontribusi pada terciptanya lingkungan kelas yang inklusif, dimana siswa didorong untuk terlibat aktif dan berpikir kritis. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya teknik asesmen, umpan balik, dan peran Guru dalam menjamin keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan alat yang efektif tidak hanya untuk meningkatkan pencapaian akademik, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kehidupan siswa, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...