Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SDN PEKUNDEN SEMARANG

Zakiyah, Dina Malikhatuz (Unknown)
Ikha Listyarini (Unknown)
Diana Endah Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Pekunden Semarang, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Pekunden Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah sudah sesuai dengan panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah terbagi dalam (a) pembiasaan, (b) pengembangan, dan (c) pembelajaran; (2) faktor pendukung yang ditemukan dalam proses pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah yaitu: (a) sarana dan prasarana yang memadai yaitu: perpustakaan, pojok baca, kafe literasi, gerobak baca, lingkungan yang literat (b) alokasi dana yang cukup (c) terjalin kerja sama dengan berbagai pihak (3) faktor penghambat yang ditemukan dalam proses pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah yaitu: (a) keterbatasan jumlah buku di perpustakaan (b) belum adanya petugas pustakawan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...