Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Process

PENERAPAN MODEL CIRC BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV

Widya Astuti (Unknown)
Agus Darmuki (Unknown)
Rani Setiawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 4 Ngembalrejo dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media kartu kata. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, hanya 31% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 63,63%, dan setelah refleksi serta perbaikan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa mencapai 90,90%. Simpulan dari penelitian ini pada penerapan model CIRC dengan media kartu kata terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...