Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 4 Ngembalrejo dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media kartu kata. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, hanya 31% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 63,63%, dan setelah refleksi serta perbaikan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa mencapai 90,90%. Simpulan dari penelitian ini pada penerapan model CIRC dengan media kartu kata terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2025