ABSTRAK Strategi pembelajaran bahasa (SPB) memainkan peran penting dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan metode pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di MAN 1 Tangerang serta tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MAN 1 Tangerang menggunakan strategi ekspositori pada semester awal untuk memperkenalkan materi kepada siswa, serta metode pembelajaran membaca (qiraat) dan menulis (kitabah) untuk memperkuat pemahaman bahasa Arab. Meskipun strategi ini efektif dalam mempermudah pembelajaran, tantangan utama meliputi keberagaman latar belakang siswa, di mana tidak semua siswa memiliki pengalaman pendidikan di pesantren. Guru mengatasi hambatan ini melalui pendekatan kreatif seperti permainan edukatif dan menonton video berbahasa Arab untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode yang beragam dan fleksibel untuk menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang efektif, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan era modern.
Copyrights © 2025