Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 TANGERANG

Mochamad Muizzudin (Unknown)
Kaesul Ma’arif (Unknown)
Yayan Umyanah (Unknown)
Lailatus Sarifah (Unknown)
Yuyun R. Uyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran bahasa (SPB) memainkan peran penting dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan metode pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di MAN 1 Tangerang serta tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MAN 1 Tangerang menggunakan strategi ekspositori pada semester awal untuk memperkenalkan materi kepada siswa, serta metode pembelajaran membaca (qiraat) dan menulis (kitabah) untuk memperkuat pemahaman bahasa Arab. Meskipun strategi ini efektif dalam mempermudah pembelajaran, tantangan utama meliputi keberagaman latar belakang siswa, di mana tidak semua siswa memiliki pengalaman pendidikan di pesantren. Guru mengatasi hambatan ini melalui pendekatan kreatif seperti permainan edukatif dan menonton video berbahasa Arab untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode yang beragam dan fleksibel untuk menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang efektif, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan era modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...