Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 8 No. 3 (2024)

Iklim Sekolah dan Pola Asuh dalam Takaran Kesiapan Sekolah Murid PAUD Nasional Plus

Mawarsari, Ros Indah (Unknown)
Dadeh, Tarmidi Hasballah (Unknown)
Wulandari, Lita Hadiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Sebagai upaya menyukseskan gerakan transisi PAUD-SD, penelitian  ini dilakukan untuk menguji peran iklim sekolah dan pola asuh orang tua dalam memprediksi kesiapan sekolah antar variabel bebas maupun secara bersamaan. Subjek penelitian ini adalah seratus murid PAUD nasional plus usia 5,5-6,5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan alat tes psikologi Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) untuk mengukur kesiapan sekolah anak, dan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang disebarkan pada orang tua anak tersebut untuk mengetahui persepsi mereka terhadap iklim sekolah dan kecenderungan pola asuh. Data diuji menggunakan analisis regresi logistik melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berperan positif dalam memprediksi kesiapan sekolah. Pola asuh autoritatif berperan positif dalam memprediksi kesiapan sekolah lebih besar dibanding gaya permisif, sementara gaya otoriter tidak berperan positif. Iklim sekolah dan pola asuh orang tua secara bersama-sama berperan positif dalam memprediksi kesiapan sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...