Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 8 No. 6 (2024)

Efektivitas Pemberian Dongeng dengan Media Boneka terhadap Peningkatan Kemampuan Berbahasa pada Anak Prasekolah Etnis Madura

Bawono, Yudho (Unknown)
Wibowo, Wasis Purwo (Unknown)
Febriani, Widya (Unknown)
Istikomah, Ela Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui efektivitas pemberian dongeng dengan media boneka dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak prasekolah etnis Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini melibatkan 20 anak didik dari TK Islam Anak Soleh Kabupaten Bangkalan. Penelitian dilakukan selama 1 minggu dengan memberikan perlakuan berupa pemberian dongeng berbahasa Madura dengan media boneka. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes Peabody Picture Vocabulary Test (PPVT) yang diadaptasi dalam Bahasa Madura. Data yang didapat kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 26,0 for Windows dengan uji statistik Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pemberian dongeng menggunakan media boneka dengan kemampuan berbahasa pada anak prasekolah etnis Madura, nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.941 (p>0.05). Beberapa faktor yang diduga dapat memengaruhi hasil penelitian yaitu kurangnya keterlibatan anak-anak saat didongengi, terbatasnya kreativitas pendongeng, pelatihan pendongeng yang kurang memadai, dan kurangnya variasi dongeng.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...