Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 8 No. 6 (2024)

Tantangan dan Strategi Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-Kanak Kota Yogyakarta

Hidayat, Afif Khoirul (Unknown)
Hasanah, Nurlayli (Unknown)
Betaubun, Martha (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan inklusif di Taman Kanak-Kanak Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data survey. Lokasi penelitian adalah Taman Kanak-Kanak Negeri yang tersebar di Kota Yogyakarta. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan keterlibatan mereka dalam pengelolaan kurikulum pendidikan inklusif. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah, serta pihak manajemen sekolah yang memiliki peran langsung dalam pelaksanaan dan pengelolaan kurikulum inklusif. Menggunakan instrumen angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum inklusif di Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta masih menghadapi banyak tantangan di berbagai aspek. Data penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan manajemen kurikulum pendidikan inklusif aspek perencanaan, pengorganisasian, stuffing, pengarahan, pelaksanaan, dan pengendalian masih terbilang rendah. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan, keterlibatan pihak eksternal, dan penyusunan panduan yang lebih terstruktur untuk mendukung keberhasilan pendidikan inklusif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...