Penelitian ini bertujuan mengembangkan media audiovisual big book bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa Taman Kanak-kanak. Metode penelitian menggunakan model R&D Borg and Gall yang dimodifikasi, dengan fokus pada integrasi pendidikan karakter dalam media. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi dari 3 validator ahli, guru, dan siswa. Validasi media dilakukan oleh ahli media, materi, dan bahasa. Efektivitas media diukur dengan uji-t sampel independen dalam desain eksperimen dua kelompok. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual big book layak dan efektif meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Media ini juga dinilai dibutuhkan oleh guru dan siswa, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Pengembangan media ini diharapkan menjadi inovasi pembelajaran menyimak di Taman Kanak-kanak, memperkuat pendidikan karakter siswa.
Copyrights © 2025