Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Kasoem Group , Baik secara simultan maupun secara parsial. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan atau frontliner PT Kasoem Group yaitu berjumlah 40 karyawan. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden, dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner. Sifat penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode analisa data yang digunakan antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana dan persamaan regresi berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian Pengaruh Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dapat dilihat dengan hasil uji thitung = 3,178 sedangkan ttabeel = 2,024 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,003 ttabel) deengan taraf signifikansi 0,002 < 0,050, Pelatihan dan Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dapat dilihat dengan hasil uji f hitung = 7,198 sedangkan ftabel = 3.25 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,002 < 0,050. Kontribusi pengaruh Pelatihan dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 60,9% sedangkan sisanya seebeesar 39,1% dipengaruhi oleh faktor lain
Copyrights © 2025