Gaya kepemimpinan kepala sekolah memegang peran penting dalam menentukan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pendekatan literatur. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan mengkaji penelitian relevan yang dipublikasikan dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis yang mengedepankan kolaborasi, partisipasi aktif, dan komunikasi terbuka mampu menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk pengembangan kompetensi siswa. Kepala sekolah yang menerapkan gaya kepemimpinan ini cenderung lebih berhasil dalam membangun hubungan yang harmonis dengan guru, siswa, dan masyarakat, sehingga mendukung tercapainya kualitas pendidikan yang lebih baik. Selain itu, kepemimpinan demokratis mendorong peningkatan inovasi dalam pembelajaran dan pembinaan karakter siswa yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengidentifikasi nilai-nilai kepemimpinan yang relevan untuk pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025