Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran Kitemlar (Kincir Teman Belajar) dan SmarTV dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 6 yang masuk ke dalam Kurikulum Merdeka yang lebih luas sehingga pada penelitian ini lebih dikhususkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi tarian adat, asal daerah dan ibukota provinsinya di kelas 6 SDN 2 Sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan 32 siswa (15 perempuan dan 17 laki-laki) sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media Kitemlar dan SmarTV mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Kitemlar yang merupakan media pembelajaran interaktif berbasis kincir atau permainan, efektif dalam menarik perhatian siswa dan memfasilitasi pembelajaran aktif. Sementara itu, SmarTV membantu visualisasi materi pembelajaran sehingga lebih mudah dipahami. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan relevan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025