J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Hubungan Kendali Mutu Dengan Kepuasan dan Branding Rumah Sakit

Istahara, Istahara (Unknown)
Dewi , Maria Shintya (Unknown)
Putri, Eva Linandra Maria (Unknown)
Peanasari , Ayu Rindwitia Indah (Unknown)
Banafif , Ahmad Syakur (Unknown)
Paramarta, Vip (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Kendali mutu merupakan aspek krusial dalam layanan kesehatan yang berperan dalam meningkatkan kepuasan pasien dan membangun branding rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kendali mutu, kepuasan pasien, dan branding rumah sakit melalui kajian literatur. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan meninjau berbagai jurnal dan penelitian terdahulu yang relevan dalam kurun waktu 2018–2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kendali mutu yang efektif, termasuk peningkatan standar pelayanan, komunikasi tenaga medis yang baik, serta evaluasi layanan yang berkelanjutan, berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Selain itu, kepuasan pasien yang tinggi berdampak positif pada citra dan reputasi rumah sakit, memperkuat branding dan daya saingnya di industri kesehatan. Dengan demikian, rumah sakit perlu terus meningkatkan kendali mutu guna memastikan kepuasan pasien dan memperkuat posisi merek mereka dalam layanan kesehatan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...