J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Ular Tangga Numerasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 SD Kristen Anugrah Malango’

Allo, Merianti Limbong (Unknown)
Situru, Roberto Salu (Unknown)
Ramopoly, Irene Hendrika (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa matematika siswa kelas 4 di SD Kristen Anugrah Malango’. Hal ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Kristen Anugrah Malango’. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan penelitian berdaur ulang / siklus, yang meliputi tahapan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: menelaah data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Ular Tangga Numerasi dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas 4 SD Kristen Anugrah Malanggo’. Hal ini dapat dilihat dari nilai motivasi pada siklus I, sebesar 60,9% pada siklus II sebesar 85,2%, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar matematika siswa meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...