Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa matematika siswa kelas 4 di SD Kristen Anugrah Malango’. Hal ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Kristen Anugrah Malango’. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan penelitian berdaur ulang / siklus, yang meliputi tahapan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: menelaah data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Ular Tangga Numerasi dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas 4 SD Kristen Anugrah Malanggo’. Hal ini dapat dilihat dari nilai motivasi pada siklus I, sebesar 60,9% pada siklus II sebesar 85,2%, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar matematika siswa meningkat.
Copyrights © 2025