Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol 3, No 1 (2025)

Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI DDI 1 Palopo

Rosmawati, Rosmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI DDI 1 Palopo. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan melibatkan 34 siswa dan 4 guru sebagai responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Kemudian, data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif membantu siswa dalam memahami materi PAI dengan lebih baik karena konsep materi diajarkan secara langsung.  Namun, dalam penerapannya, terdapat beberapa kendala. Salah satunya adalah keterbatasan waktu dan kurangnya penguasaan kelas oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, guru berupaya meningkatkan kompetensi melalui diskusi dengan rekan sejawat dan pelatihan profesional. Metode demonstrasi tidak hanya cocok untuk pembelajaran PAI, tetapi juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain guna meningkatkan interaksi serta pemahaman siswa. Agar pembelajaran lebih efektif, guru perlu memastikan seluruh siswa terlibat aktif serta menguasai materi dan manajemen kelas dengan baik. Dengan demikian, proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan bermakna bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...