Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI DDI 1 Palopo. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan melibatkan 34 siswa dan 4 guru sebagai responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Kemudian, data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif membantu siswa dalam memahami materi PAI dengan lebih baik karena konsep materi diajarkan secara langsung. Namun, dalam penerapannya, terdapat beberapa kendala. Salah satunya adalah keterbatasan waktu dan kurangnya penguasaan kelas oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, guru berupaya meningkatkan kompetensi melalui diskusi dengan rekan sejawat dan pelatihan profesional. Metode demonstrasi tidak hanya cocok untuk pembelajaran PAI, tetapi juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain guna meningkatkan interaksi serta pemahaman siswa. Agar pembelajaran lebih efektif, guru perlu memastikan seluruh siswa terlibat aktif serta menguasai materi dan manajemen kelas dengan baik. Dengan demikian, proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan bermakna bagi siswa.
Copyrights © 2025