Rumah dianggap sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan, sebagai sebuah tempat berlindung. Perusahan yang bergerak di bidang industri perumahan harus dapat mengembangkan rencana dan strategi untuk mempromosikan produk dan meningkatkan volume penjualan. Hal inilah yang kemudian menjadi tujuan penelitian ini, yaitu ingin mengetahui tentang bagaimana strategi pemasaran pada bisnis perumahan untuk meningkatkan volume penjualan di PT Sarananeka Indahpancar yang merupakan anak perusahaan Sub Holding 3 Ciputra Group beserta faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman pemasaran perumahan pada Sub Holding 3 Ciputra Group. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif. Semantara itu, pengumpulan datanya akan dilakukan dengan cara wawancara dan penggunaan dokumentasi yang dimiliki oleh pihak PT Sarananeka Indahpancar. Analisis data yang diperoleh akan mengacu pada teknik analisis kualittaif dengan mengacu pandangan Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data..Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Saraneka Indahpancar termasuk pemasaran digital, lokasi strategis, promosi bundling dan pembayaran, target pasar menengah ke atas dalam kelompok usia generasi milenial dan Z, serta produk hunian dengan kualitas yang premium. Analisa dengan menggunakan matriks SWOT kemudian mengungkapkan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang dari strategi yang ada, yang pada gilirannya menyediakan beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan, diantaranya perluasan segmen pasar, pangsa pasar, layanan pasca penjualan, pemasaran digital, penyediaan produk baru, peningkatan kualitas produk, penyesuaian harga produk, pemilihan lokasi yang memadai, dan kerjasama dengan pemerintah.
Copyrights © 2025