Computing and Education Technology Journal
Vol 4, No 2 (2024): OKTOBER

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Mengubah Bentuk Energi untuk Kelas IV SD dengan Metode Tutorial




Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD dengan metode tutorial dan mendeskripsikan validitas media pembelajaran yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang sudah dibatasi yaitu terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi dan validasi media. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis statistika deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD dengan metode tutorial yang dikembangkan dengan teknologi HTML, CSS, Bootstrap, Javascript, JSON, Firebase, Perekam suara ponsel, Kamera ponsel, Canva, Capcut, dan Netlify. Media pembelajaran interaktif menghasilkan nilai validitas materi sebesar 78% termasuk dalam kategori tinggi dan nilai validitas media sebesar 73% termasuk dalam kategori tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD dengan metode tutorial dinyatakan valid dan dapat digunakan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cetj

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

Computing and Education Technology Journal publishes articles about the results of research in the field of computer education including: Interactive learning media Online Assessment Online Teaching Computer Science in ...