Computing and Education Technology Journal
Vol 4, No 2 (2024): OKTOBER

Pendekatan Gamifikasi dalam Pengembangan Media Interaktif Bilangan Berpangkat dengan Strategi Pembelajaran REACT




Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran interaktif berbasis web yang berfokus pada konsep bilangan berpangkat dengan strategi REACT melalui pendekatan gamifikasi yang valid. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang dibatasi yaitu: analysis, design, development, dan evaluation. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan instrumen berupa lembar validasi meteri dan media. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah media pembelajaran interaktif berbasis web yang berfokus pada konsep bilangan berpangkat dengan strategi REACT melalui pendekatan gamifikasi. Pengembangnnya menggunakan teknologi HTML, CSS, PHP, Boostrap, Laravel 10, JavaScript, MySQL, MathJax, MathLive, Scratch, Figma, Visual Studio Code, Canva, ApxChart, Lucid Chart, dan Tepian Kuis. Media dikatakan valid dari segi materi maupun media. Validasi materi menunjukkan persentase sebesar 87,5% dengan kriteria sangat tinggi dan hasil kevalidan media didapatkan persentase capaian sebesar 81,25% dengan kriteria sangat tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web topik bilangan berpangkat ini dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cetj

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

Computing and Education Technology Journal publishes articles about the results of research in the field of computer education including: Interactive learning media Online Assessment Online Teaching Computer Science in ...