Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 5 No. 1 (2022): April 2022

Identifikasi Kemampuan Fluency Anak Usia Dini pada Pembelajaran STEAM Project Based Learning

Putri, Suci Utami (Unknown)
Pitria, Pitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang proses pembelajaran STEAM-Project based learning yang dapat diimplementasikan di dalam pembelajaran PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain embedded. Subjek yang terlibat di dalam penelitian sejumlah 5 orang anak usia 4-5 tahun yang diamati secara intensif perkembangan kemampuan fluencynya selama 1 bulan terlibat di dalam pembelajaran STEAM-PBL. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar dan kemampuan berpikir fluency anak. Data aktivitas belajar dipaparkan dalam bentuk narasi sedangkan data perkembangan anak dianalisis secara kuantitatif menggunakan teknik skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar anak di dalam pembelajaran STEAM berjalan kondusif pada setiap tahap yang terdiri dari tahap reflection, research, discovery, application, dan communication. Sementara itu perkembangan kemampuan fluency anak cenderung mengalami peningkatan yang positif setelah terlibat di dalam pembelajaran STEAM-PBL

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...