Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi mayoritas guru masih memiliki pemahaman yang rendah mengenai bagaimana merancang pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka meujudkan merdeka belajar kurikulum merdeka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain pembelajaran berdiferensiasi. Metode dan bentuk kegiatan pengabdian sesuai dengan tujuan kegiatan meliputi 3 langkah kegiatan, yaitu pertama; pelatihan terbimbing peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pembelajaran berdiferensiasi (konsep, prinsip, karakteristik pembelajaran), dan desain pembelajaran berdiferensiasi, kedua; simulasi pembuatan desain pembelajaran berdiferensiasi, ketiga; observasi dan evaluasi dan presentasi produk desain pembelajaran berdiferensiasi. Yang menjadi sasaran kegiatan pembinaan dan pelatihan ini adalah guru-guru Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejarah SMA Kabupaten Ogan Ilir. Target dari pelaksanaaan PPM ini adalah peserta pembinaan dan pelatihan mampu merancang pembelajaran berdiferensiasi sebagai upaya perbaikan dan peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Hasil kegiatan pembinaan dan pelatihan menyimpulkan guru peserta pelatihan dan pendampingan sudah mememilki pengetahuan yang baik tentang desain pembelajaran berdiferensiasi. Perbandingan hasil pre test dan post test menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai n gain sebesar 63 % (kategori cukup efektif). Hasil observasi terhadap produk desain pembelajaran yang dibuat, sebagian besar (94,11 persen) peserta pelatihan sudah mampu mengintegarasikan aspek aspek desain pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, produk dan lingkungan belajar) dalam desain pembelajaran yang dibuat. Peserta pelatihan juga mampu membuat instrumen untuk mengetahui profil peserta didik yang meliputi minat belajar, kemampuan belajar, kesiapan belajar, dan modalitas/gaya belajar sebagai hal penting dilakukan dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi.
Copyrights © 2025