Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pangan memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Namun, UMKM pangan di Desa Cijambu menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing produk akibat rendahnya customer value. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil kegiatan pemberdayaan UMKM melalui peningkatan customer value. Metode yang digunakan yaitu melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Materi pelatihan yang diberikan diantaranya adalah strategi pemasaran digital, inovasi kemasan, serta peningkatan kualitas produk dan sertifikasi. Sementara itu, kegiatan pendampingan dilakukan untuk mendampingi peserta dalam mendaftarkan sertifikasi PIRT dan halal, serta pendampingan pemasaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta mengenai pentingnya peningkatan customer value, kemasan yang menarik, pentingnya sertifikasi, serta pemasaran digital. Meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, program ini terbukti efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM pangan di Desa Cijambu. Keberlanjutan program memerlukan dukungan berbagai pihak guna memastikan dampak jangka panjang bagi pertumbuhan UMKM lokal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025