Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI)
Vol 4 No 1 (2025): Journal of Mathematics Learning Innovation

Implementasi Model Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Barisan dan Deret

Wahida (Unknown)
Nasruddin (Unknown)
Musnidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi Barisan dan Deret di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di kota Barru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penerapan model TGT terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang melakukan pembelajaran dengan model TGT. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan angket motivasi siswa, yang dianalisis dengan membandingkan kondisi sebelum dan setelah implementasi model pembelajaran TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT memberikan peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dalam materi Barisan dan Deret. Selain itu, model ini juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, yang terlihat dari meningkatnya partisipasi aktif dalam diskusi dan turnamen akademik. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dapat menjadi alternatif yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya dalam memahami konsep abstrak seperti Barisan dan Deret

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMLIPARE

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of Mathematic Learning Innovation (JMLI) adalah jurnal internasional akses terbuka peer-refereed yang telah didirikan untuk penyebaran pengetahuan mutakhir di bidang pendidikan matematika. Jurnal ini didirikan atas kerjasama antara pengembangan pendidikan matematika dan matematika. Mulai ...