Peningkatan penggunaan aplikasi Shopee saat ini menjadi perhatian utama dalam memahami perilaku konsumen terkait dengan kecenderungan konsumtif. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi perilaku tersebut yaitu kepribadian ekstrovert. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari kepribadian ekstrovert terhadap perilaku konsumtif pada remaja pengguna aplikasi Shopee di Karawang yang menjadi titik fokus penting dalam konteks sosial dan ekonomi saat ini. Hipotesis yang diuji adalah adanya pengaruh signifikan dari kepribadian ekstrovert terhadap perilaku konsumtif pada remaja pengguna aplikasi Shopee di Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik nonprobability sampling melalui metode accidental sampling. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu skala perilaku konsumtif dan skala (EPI) Eysenck Personality Inventory. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, berdasarkan hasil tersebut diketahui adanya pengaruh yang signifikan kepribadian ekstrovert terhadap perilaku konsumtif pada remaja pengguna aplikasi Shopee di Karawang.
Copyrights © 2025