Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif siswa kelas V SDN Banjaran 1 Kota Kediri melalui penerapan permainan kasti. Permainan ini dipilih karena mampu mengintegrasikan berbagai keterampilan gerak dalam aktivitas fisik yang menyenangkan dan menantang. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan model siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kasti secara signifikan meningkatkan keterampilan gerak siswa. Dalam aspek lokomotor, siswa mengalami peningkatan dalam berlari dan melompat, sedangkan dalam aspek non-lokomotor, mereka lebih terampil dalam membungkuk dan memutar tubuh. Selain itu, keterampilan manipulatif seperti melempar dan menangkap bola juga mengalami perkembangan yang baik. Selain meningkatkan keterampilan gerak, permainan kasti juga berkontribusi terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Aktivitas yang bervariasi membuat siswa lebih antusias dan aktif selama pembelajaran. Dengan demikian, permainan kasti dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan keterampilan gerak siswa sekolah dasar, sekaligus meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam aktivitas fisik yang mendukung perkembangan motorik secara optimal
Copyrights © 2025