Almufi Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 2 No 1: Maret (2025)

Pengaruh Free Cash Flow (FCF) terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Non-Primer yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Masri, Alifiah pratiwi (Unknown)
Dunakhir, Samirah (Unknown)
Anwar, Azwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh free cash flow (FCF) terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sektor barang konsumsi non-primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Variabel penelitian ini adalah: (1) kinerja keuangan sebagai variabel terikat (Y) yang diukur dengan return on asset (ROA), dan (2) free cash flow sebagai variabel bebas yang diukur dengan mengurangi arus kas operasi dengan dividen kas kemudian dibagi penjualan bersih. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor barang konsumsi non-primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 145 perusahaan, sedangkan sampel adalah 10 perusahaan sektor barang konsumsi non-primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan free cash flow berperngaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan,

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ASH

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Almufi Jurnal Sosial dan Humaniora (ASH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi ...