Volatilitas : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Vol. 7 No. 2 (2025): VOLATILITAS - Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH EXPERIENCE QUALITY TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE, HAPPINESS, DAN TOURIST SATISFACTION (Studi Pada Wisatawan Pantai Menganti Kebumen)

Septiowati, Tuti (Unknown)
Ekowati, Titin (Unknown)
Rahmawati, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Sektor pariwisata merupakan penopang penting perekonomian Indonesia,berkontribusi terhadap devisa negara dan bersaing dengan sektor ekspor utama sepertiminyak bumi, batu bara, dan kelapa sawit. Peningkatan fenomena pariwisatamenunjukkan wisatawan mencari berbagai alternatif destinasi untuk melepas penat danmerasakan pengalaman menyenangkan. Hal ini menjadi tantangan pengelola destinasiuntuk mendorong wisatawan menjadi pengunjung berulang. Dengan mempertahankanexperience quality, perceived value, happiness, dan tourist satisfaction destinasi maka haltersebut dapat meningkatkan behavioral intention wisatawan pada destinasi wisataPantai Menganti Kebumen.Populasi penelitian ini adalah semua wisatawan Pantai Menganti Kebumen.Sampel penelitian ini berjumlah 150 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknikpurposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawabsecara lengkap dan telah memenuhi kriteria. Metode analisis untuk menguji hipotesismenggunakan SEM-PLS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) experience quality berpengaruh positifterhadap behavioral intention, 2) experience quality berpengaruh positif terhadapperceived value, 3) perceived value berpengaruh positif terhadap behavioral intention, 4)experience quality berpengaruh positif terhadap behavioral intention dimediasi olehperceived value, 5) perceived value berpengaruh positif terhadap tourist satisfaction, 6)experience quality berpengaruh positif terhadap happiness, 7) happiness berpengaruhpositif terhadap behavioral intention, 8) experience quality berpengaruh positif terhadapbehavioral intention dimediasi oleh happiness, 9) experience quality berpengaruh positifterhadap tourist satisfaction, 10) tourist satisfaction berpengaruh positif terhadapbehavioral intention, 11) experience quality berpengaruh positif terhadap behavioralintention dimediasi oleh tourist satisfaction.Kata Kunci: Experience Quality, Behavioral Intention, Perceived Value, Happiness,Tourist Satisfaction

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

volatilitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Volatilitas: Jurnal Manajemen dan Bisnis invites study analysts, academicians, and practitioners of business and management to submit research-based manuscripts on various themes, topics, and aspects of management and business, including: Marketing Management, Financial and Banking Management, Human ...